Hi, selamat datang di blog baru gw. Belajar dari pengalaman sebelumnya, di blog kali ini bakal gw resize foto-fotonya. Semoga tidak mengurangi sukacita dalam menikmati blog ini ya. Selamat membaca 🤗
*****
Seperti judulnya yang ketebak sangat guweh akhirnya punya paspor jugak. #SujudSyukur. Haha.
Gw tulis dengan sejelas-jelasnya seperti biasa. Tanpa berpanjang kali lebar kali tinggi kali item #uhukk gw tulis disini langkah apa saja yang gw tempuh sampai paspornya jadi. Ok gengs? Yuk cusss.
Btw, di ULP ini tidak menerima pembuatan e-Paspor ya.
1. Daftar Nomor Antrian Paspor
Hari gini tuh ok banget deh. Ga perlu lagi yang namanya pakai calo untuk mempermudah birokrasi. Err.. Maksudnya bikin Paspor ya, ga tau kalau urus yang lain. Daftarnya bisa melalui aplikasi dengan nama tersebut. Kalian bisa cek di Play Store. Berhubung gw ga pake iPhone, jadi ga tau di App Store ada atau engga.
Yang gw pakai yang paling atas ya. Nah untuk masuk pertama kali emang kudu daftar. Biasa lah yaa.. Masukin data yang benar ya, jangan pakai nama samaran atau salah nomor KTP.
Nah, pas mau ambil nomor antrian kalian tinggal pilih di Kantor Imigrasi atau Unit Layanan Paspor yang kalian kehendaki. Pas kalian klik dia langsung loading. Kalau masih ada kuota, bakal keluar tanggal mana yang masih tersedia. Kalau masih banyak hari yang tersedia, kita malah bisa pilih hari juga. Tapi kalau engga ya kita yang menyesuaikan tanggal yang ditentukan. Kalau sudah dapat tanggal, tinggal pilih saja waktu kedatangan yang dikehendaki. Bisa pagi atau siang. Tapi kalau tidak tersedia langsung ada tulisan kuota full. Terserah, kalian mau coba di lain hari, atau pilih wilayah yang lain.
Pas selesai milih nanti keluar bukti bahwa benar kalian sudah mendaftar seperti dibawa ini. Bukti ini juga akan diemail ke email yang sudah kita daftarkan. Dan ini kan sebenarnya di scan QR code gitu ya, cuma kebanyakan gw baca-baca suka ada kendala disini. Jadinya ya gw print sekalian daripada harus menghadapi sistem eror pas sudah dikantornya.
Gw kemarin tuh terbilang hoki. Kenapa? Karena gw memang mau cuti tanggal 31 Juli buat survei daycare L. Ehh. Pas klik ULP I Jakarta Barat langsung keluar dong tanggal availablenya di tanggal itu. Jadi gw langsung pilih yang pagi dan keluar jadwal jam 8 – 9 pagi.
2. Siapkan Dokumen
Persyaratan:
- kartu tanda penduduk yang masih berlaku atau surat keterangan pindah keluar negeri;
- kartu keluarga;
- akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah, atau surat baptis;
- surat pewarganegaraan Indonesia bagi Orang asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui pewarganegaraan atau penyampaian pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
- surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama; dan
- Paspor biasa lama bagi yang telah memiliki paspor biasa.
Notes:
- Gw banyak baca katanya Petugas suka mengecek dokumen yang tertera nama orang tua kita, jadi gw bawa Akta Nikah
- Nama gw di KTP ada SE nya, sedangkan di Akta Lahir ga ada SE. Petugas minta gw tunjukin Ijazah SE, dan syukurnya gw bawa. Sebenarnya gw bawa semua dokumen gw sih, gpp lebay daripada bolak balik.
- KTP gw masih dalam proses pembuatan, jadi gw bawa yang lembar Surat Keterangan dari Suku Dinas & Catatan Sipil.
- Bawa Materai 6 ribu 1 lembar
Semua dokumen di foto kopi masing-masing di kertas A4 dan jangan ada yang di potong. Terus aslinya juga jangan lupa dibawa semua buat pengecekan. Kalau di ULP I Jakbar kemarin ga perlu siapin map karena sudah disediakan.
3. Datang Ke ULP
Senangnya daftar online itu adalah kita ga perlu datang subuh buat antri. Gw sampai di kantornya itu jam 8 kurang 15 menit. Persis seperti apa yang di tulis di lembaran QR Code. Didepan kantor sudah ada beberapa orang tapi pintu belum terbuka. Ga berapa lama ada Pak satpam keluar dan tanya siapa duluan yang datang. Gw kebagian nomor 4. Ini by lisan btw, ga ada kertas atau apalah untuk bukti. Bersyukur juga sih pagi itu ga terlalu ramai jadi bisa saling ngafalin muka. Cuma ada sekitar 5 antrian. Pas sudah didalam ada lagi sih yang masuk. Tapi ya ga rame banget.
4. Pengecekan Dokumen
Saat kami disuruh masuk, Pak Satpam langsung menyuruh kami duduk sesuai nomor antrian. Untuk pengantar duduk di bangku terpisah. Dari situ satu per satu dipanggil untuk pengecekan dokumen. Petugas akan mengecek semua dokumen yang dibutuhkan yang asli maupun foto kopian. Dari situ dokumen yang dirasa perlu masuk ke dalam map. Disini juga petugas meminta materai yang sudah dibawa dan ditempelkan ke formulir. Nah, syukur banget sudah di print QR Code-nya. Kemarin sama Petugas langsung diminta print-annya. Dan gw ga lihat ada mesin scan-nya sih. Apa terhalang sesuatu? Entahlah.
5. Pengisian Formulir
Setelah itu kita disuruh mengisi formulir yang ada. Penjelasannya cepat sekali, tapi di tembok sudah ada contekan sih.
6. Foto & Wawancara
Menurut kabar yang gw dengar kalian bisa pakai baju apa saja selain putih. Pas disana gw baru ngeh kenapa? Mungkinn.. Mungkin karena bekgron fotonya tuh ya tembok kantornya yang putih. #analisadangkal
Di ULP ini foto dan wawancara di lantai 2. Pas naik sudah ada tempat duduk buat antri. Pas diatas ada petugas keluar buat ambil map yang sudah berisi dokumen dan formulir tadi. Kemudian menunggu lagi buat dipanggil masuk. Antrian Pembuatan Baru dan Perpanjangan berbeda. Kemarin kami kaget, kok selesai nomor 3 malah nomor 5 yang dipanggil. Ternyata yang nomor 5 perpanjangan. Untung nanya dan ga berasumsi. Setelah itu gw masuk sih, dan kira-kira begini isi wawancara yang dimaksud.
Petugas: “Hallo Mba Py. Jadi gimana nih, mau kemana?” Dengan senyum lebar.
Gw: “Hi Pak, iya saya mau ke luar negri nih” Duilehh, kalau kau ke dalam negri, ga perlunya paspor itu. Err.. Ini kata hati gw setelah gw merasa jawaban gw bodoh kali.
Petugas: “Oh ya? Kemana tuh? Asik dong pertama kali ya” syukur bapake baik.
Gw: “Mau ke situ Pak” sensor dulu ye..
Petugas: “Ohh sendiri apa rame-rame?” Masih senyum manis
Gw : “Ma
bapak sih maunyatemen Pak rame-rame”Petugas: “Kapan perginya?”
Gw: “Masih bulan itu Pak” sensor lagi yee.
Petugas: “Ohh Ok, semoga menyenangkan ya liburannya”
Gw: “Ok Pak.
Bapak ga sekalian nitip? saya buka jastip lho Pak” Maunya dipanjangin biar lama ngobrolnya.. Eaa.. Abis itu ditalak. Lol.
Gw tuh sebelumnya mikir yang namanya wawancara bakal seram gitu lho. Apalagi predikat petugas Imigrasi yang katanya pada galak. Taunya kagak. Mungkin pas yang di bandara aja kali ya XD
Selesai wawancara sidik jari direkam terus foto deh. Semua dengan petugas yang sama.
7. Pengantar Pembayaran
Selesai wawancara dan foto gw disuruh pindah ke meja sebelah untuk mengambil bukti pengantar pembayaran. Oleh petugas gw di print kode pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan di Kantor Pos atau Bank. Berhubung gw ga tau kantor pos terdekat dimana jadi gw tanya aja kalau mau transfer gimana. Sama petugasnya gw disuruh foto petunjuk yang sudah ada di dinding. Ok siap.
8. Pembayaran
Sesuai instruksi, gw menuju ke ATM center yang memang ada di komplek ruko ini. Pencet sini pencet sana lunas deh. Total yang dibayar adalah Rp. 355.000.- Tiada perlu biaya calo lagi. Mudah.
9. Pengambilan Paspor
Paspor akan jadi 4 hari kerja setelah hari pembuatan. Cukup membawa Bukti Pengantar Pembayaran dan struk atau nota pembayaran. Kalau gw karena bayar via atm jadi struknya dibawa serta. Pengambilan bisa diwakilkan, jadi ga perlu datang sendiri.
Kalau diambil oleh orang yang masih dalam 1 Kartu Keluarga, cukup membawa KK yang asli, KTP, dan Bukti Bayar lengkap itu tadi. Kalau yang ambil tidak satu KK maka butuh Surat Kuasa. Berhubung kantor Ai dekat, jadi dia aja yang ambilin.
Dan taraaa.. Jadi deh Paspor gw.
mantap nih
sesuai janji
saya benerin komen ya
karena gw belum punya paspor
jadi postingan ini dilike dulu
LikeLike
Haha. Ga perlu tgu rabu ya.. syip, semoga berguna pas mo bikin.
LikeLike
Terakhir kali gua bikin juga sudah mudah py, percis yang elo jabarkan. semoga dikemudian hari tetep mudah seperti ini ya, tanpa perlu calo2 lagi.
LikeLike
Iya semogaa yaa Poyy ☺️
LikeLike
Wigh dulu gw tinggal disitu tu.. banyak makanan enak py disana.. hahaha.. jadi salfok ya gw nya..
LikeLike
Karena mo lanjut survei daycare jadi dah ga kepikiran Roll..wkwkwkw.. XD
LikeLike
Asyik ya kalau proses birokrasi begini mudah dan lancar Py 😀 .
LikeLike
Asyikkk bangett Ko.. Ga sampai stress dan ngeluh kayak yang sudah-sudah. 😀
LikeLike
Ihiyyy uda jadi, yeay!!! Brangkattttt!! 😆😆
LikeLike
Yukkk cussss XD
LikeLike
Gue inget pas gue bikin di ULP BSD, pas foto gue tanya “Perlu keliatan telinga gak?” soalnya ingetnya dulu kalo pasfoto gitu ada yang wajib keliatan telinga. Dan dijawab petugasnya, “Kalau punya ya tunjukin aja. Kalo punyaa~”
Hahahaha
LikeLike
Bisa ngelawakk jugaaa ya Lip petugasnyaa.. Hahahaha.. Makin seru ngurus birokrasi jaman now 😀
LikeLike
tinggal nunggu jalan2nya ya py heheheehe…
LikeLike
Yoehh Mel XD
LikeLike
Wah..thank you kak Pypy info2 pembuatannya, bisa berguna banget buat yg baru mau bikin nanti 😊
Cuzzz berangkat kak Py…..*daku ngekor kak Pypy keluar negeri 😆
LikeLike
Iya Fer, harapannya juga begitu 😀 Yukkk mareee kita berangkattt… *Gandeng Fereshia 😀
LikeLike
Gandeng dimasukin kopernya kak Pypy wkwkwk
LikeLike