Cara bikin Paspor Buat Pemula – ULP 1 Jakarta Barat 2018

Hi, selamat datang di blog baru gw. Belajar dari pengalaman sebelumnya, di blog kali ini bakal gw resize foto-fotonya. Semoga tidak mengurangi sukacita dalam menikmati blog ini ya. Selamat membaca πŸ€—

*****

Seperti judulnya yang ketebak sangat guweh akhirnya punya paspor jugak. #SujudSyukur. Haha.

Gw tulis dengan sejelas-jelasnya seperti biasa. Tanpa berpanjang kali lebar kali tinggi kali item #uhukk gw tulis disini langkah apa saja yang gw tempuh sampai paspornya jadi. Ok gengs? Yuk cusss.

Btw, di ULP ini tidak menerima pembuatan e-Paspor ya.

1. Daftar Nomor Antrian Paspor

Hari gini tuh ok banget deh. Ga perlu lagi yang namanya pakai calo untuk mempermudah birokrasi. Err.. Maksudnya bikin Paspor ya, ga tau kalau urus yang lain. Daftarnya bisa melalui aplikasi dengan nama tersebut. Kalian bisa cek di Play Store. Berhubung gw ga pake iPhone, jadi ga tau di App Store ada atau engga.

Screenshot_2018-08-04-23-14-05-15.png

Yang gw pakai yang paling atas ya. Nah untuk masuk pertama kali emang kudu daftar. Biasa lah yaa.. Masukin data yang benar ya, jangan pakai nama samaran atau salah nomor KTP.

Nah, pas mau ambil nomor antrian kalian tinggal pilih di Kantor Imigrasi atau Unit Layanan Paspor yang kalian kehendaki. Pas kalian klik dia langsung loading. Kalau masih ada kuota, bakal keluar tanggal mana yang masih tersedia. Kalau masih banyak hari yang tersedia, kita malah bisa pilih hari juga. Tapi kalau engga ya kita yang menyesuaikan tanggal yang ditentukan. Kalau sudah dapat tanggal, tinggal pilih saja waktu kedatangan yang dikehendaki. Bisa pagi atau siang. Tapi kalau tidak tersedia langsung ada tulisan kuota full. Terserah, kalian mau coba di lain hari, atau pilih wilayah yang lain.

Pas selesai milih nanti keluar bukti bahwa benar kalian sudah mendaftar seperti dibawa ini. Bukti ini juga akan diemail ke email yang sudah kita daftarkan. Dan ini kan sebenarnya di scan QR code gitu ya, cuma kebanyakan gw baca-baca suka ada kendala disini. Jadinya ya gw print sekalian daripada harus menghadapi sistem eror pas sudah dikantornya.

Bukti-Cetak-Elektronik-1532266117965

Ikut di Print buat jaga-jaga

Gw kemarin tuh terbilang hoki. Kenapa? Karena gw memang mau cuti tanggal 31 Juli buat survei daycare L. Ehh. Pas klik ULP I Jakarta Barat langsung keluar dong tanggal availablenya di tanggal itu. Jadi gw langsung pilih yang pagi dan keluar jadwal jam 8 – 9 pagi.

2. Siapkan Dokumen

IMG-20180804-WA0021.jpg

Persyaratan:

  1. kartu tanda penduduk yang masih berlaku atau surat keterangan pindah keluar negeri;
  2. kartu keluarga;
  3. akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah, atau surat baptis;
  4. surat pewarganegaraan Indonesia bagi Orang asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui pewarganegaraan atau penyampaian pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  5. surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama; dan
  6. Paspor biasa lama bagi yang telah memiliki paspor biasa.

Notes:

  • Gw banyak baca katanya Petugas suka mengecek dokumen yang tertera nama orang tua kita, jadi gw bawa Akta Nikah
  • Nama gw di KTP ada SE nya, sedangkan di Akta Lahir ga ada SE. Petugas minta gw tunjukin Ijazah SE, dan syukurnya gw bawa. Sebenarnya gw bawa semua dokumen gw sih, gpp lebay daripada bolak balik.
  • KTP gw masih dalam proses pembuatan, jadi gw bawa yang lembar Surat Keterangan dari Suku Dinas & Catatan Sipil.
  • Bawa Materai 6 ribu 1 lembar

Semua dokumen di foto kopi masing-masing di kertas A4 dan jangan ada yang di potong. Terus aslinya juga jangan lupa dibawa semua buat pengecekan. Kalau di ULP I Jakbar kemarin ga perlu siapin map karena sudah disediakan.

Map

3. Datang Ke ULP

Senangnya daftar online itu adalah kita ga perlu datang subuh buat antri. Gw sampai di kantornya itu jam 8 kurang 15 menit. Persis seperti apa yang di tulis di lembaran QR Code. Didepan kantor sudah ada beberapa orang tapi pintu belum terbuka. Ga berapa lama ada Pak satpam keluar dan tanya siapa duluan yang datang. Gw kebagian nomor 4. Ini by lisan btw, ga ada kertas atau apalah untuk bukti. Bersyukur juga sih pagi itu ga terlalu ramai jadi bisa saling ngafalin muka. Cuma ada sekitar 5 antrian. Pas sudah didalam ada lagi sih yang masuk. Tapi ya ga rame banget.

IMG20180731093312

IMG20180731093231

4. Pengecekan Dokumen

Saat kami disuruh masuk, Pak Satpam langsung menyuruh kami duduk sesuai nomor antrian. Untuk pengantar duduk di bangku terpisah. Dari situ satu per satu dipanggil untuk pengecekan dokumen. Petugas akan mengecek semua dokumen yang dibutuhkan yang asli maupun foto kopian. Dari situ dokumen yang dirasa perlu masuk ke dalam map. Disini juga petugas meminta materai yang sudah dibawa dan ditempelkan ke formulir. Nah, syukur banget sudah di print QR Code-nya. Kemarin sama Petugas langsung diminta print-annya. Dan gw ga lihat ada mesin scan-nya sih. Apa terhalang sesuatu? Entahlah.

5. Pengisian Formulir

IMG20180731082022

Setelah itu kita disuruh mengisi formulir yang ada. Penjelasannya cepat sekali, tapi di tembok sudah ada contekan sih.

Pengisian

Serius ngisi, padahal bingung apa aja yang diisi dan enggak

Formulir

Akhirnya Berhasil!!

6. Foto & Wawancara

IMG20180731092214

Menurut kabar yang gw dengar kalian bisa pakai baju apa saja selain putih. Pas disana gw baru ngeh kenapa? Mungkinn.. Mungkin karena bekgron fotonya tuh ya tembok kantornya yang putih. #analisadangkal

Di ULP ini foto dan wawancara di lantai 2. Pas naik sudah ada tempat duduk buat antri. Pas diatas ada petugas keluar buat ambil map yang sudah berisi dokumen dan formulir tadi. Kemudian menunggu lagi buat dipanggil masuk. Antrian Pembuatan Baru dan Perpanjangan berbeda. Kemarin kami kaget, kok selesai nomor 3 malah nomor 5 yang dipanggil. Ternyata yang nomor 5 perpanjangan. Untung nanya dan ga berasumsi. Setelah itu gw masuk sih, dan kira-kira begini isi wawancara yang dimaksud.

Petugas: “Hallo Mba Py. Jadi gimana nih, mau kemana?” Dengan senyum lebar.

Gw: “Hi Pak, iya saya mau ke luar negri nih” Duilehh, kalau kau ke dalam negri, ga perlunya paspor itu. Err.. Ini kata hati gw setelah gw merasa jawaban gw bodoh kali.

Petugas: “Oh ya? Kemana tuh? Asik dong pertama kali ya” syukur bapake baik.

Gw: “Mau ke situ Pak” sensor dulu ye..

Petugas: “Ohh sendiri apa rame-rame?” Masih senyum manis

Gw : “Ma bapak sih maunya temen Pak rame-rame

Petugas: “Kapan perginya?

Gw: “Masih bulan itu Pak” sensor lagi yee.

Petugas: “Ohh Ok, semoga menyenangkan ya liburannya

Gw: “Ok Pak. Bapak ga sekalian nitip? saya buka jastip lho Pak” Maunya dipanjangin biar lama ngobrolnya.. Eaa.. Abis itu ditalak. Lol.

Gw tuh sebelumnya mikir yang namanya wawancara bakal seram gitu lho. Apalagi predikat petugas Imigrasi yang katanya pada galak. Taunya kagak. Mungkin pas yang di bandara aja kali ya XD

Selesai wawancara sidik jari direkam terus foto deh. Semua dengan petugas yang sama.

7. Pengantar Pembayaran

IMG_20180804_223902

Selesai wawancara dan foto gw disuruh pindah ke meja sebelah untuk mengambil bukti pengantar pembayaran. Oleh petugas gw di print kode pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan di Kantor Pos atau Bank. Berhubung gw ga tau kantor pos terdekat dimana jadi gw tanya aja kalau mau transfer gimana. Sama petugasnya gw disuruh foto petunjuk yang sudah ada di dinding. Ok siap.

IMG20180731093109

8. Pembayaran

IMG_20180731_201523

Sesuai instruksi, gw menuju ke ATM center yang memang ada di komplek ruko ini. Pencet sini pencet sana lunas deh. Total yang dibayar adalah Rp. 355.000.- Tiada perlu biaya calo lagi. Mudah.

9. Pengambilan Paspor

Paspor akan jadi 4 hari kerja setelah hari pembuatan. Cukup membawa Bukti Pengantar Pembayaran dan struk atau nota pembayaran. Kalau gw karena bayar via atm jadi struknya dibawa serta. Pengambilan bisa diwakilkan, jadi ga perlu datang sendiri.

Kalau diambil oleh orang yang masih dalam 1 Kartu Keluarga, cukup membawa KK yang asli, KTP, dan Bukti Bayar lengkap itu tadi. Kalau yang ambil tidak satu KK maka butuh Surat Kuasa. Berhubung kantor Ai dekat, jadi dia aja yang ambilin.

Dan taraaa.. Jadi deh Paspor gw.

IMG20180806203736

Akhirnyaaa

17 comments

  1. deadyrizky · August 24

    mantap nih
    sesuai janji
    saya benerin komen ya

    karena gw belum punya paspor
    jadi postingan ini dilike dulu

    Like

    • Pypy · August 24

      Haha. Ga perlu tgu rabu ya.. syip, semoga berguna pas mo bikin.

      Like

  2. Epi · August 24

    Terakhir kali gua bikin juga sudah mudah py, percis yang elo jabarkan. semoga dikemudian hari tetep mudah seperti ini ya, tanpa perlu calo2 lagi.

    Like

    • Pypy · August 24

      Iya semogaa yaa Poyy ☺️

      Like

  3. Carolina Hartono · August 24

    Wigh dulu gw tinggal disitu tu.. banyak makanan enak py disana.. hahaha.. jadi salfok ya gw nya..

    Like

    • Pypy · August 30

      Karena mo lanjut survei daycare jadi dah ga kepikiran Roll..wkwkwkw.. XD

      Like

  4. zilko · August 24

    Asyik ya kalau proses birokrasi begini mudah dan lancar Py πŸ˜€ .

    Like

    • Pypy · August 30

      Asyikkk bangett Ko.. Ga sampai stress dan ngeluh kayak yang sudah-sudah. πŸ˜€

      Like

  5. pingiwed · August 25

    Ihiyyy uda jadi, yeay!!! Brangkattttt!! πŸ˜†πŸ˜†

    Like

  6. TazOlip · August 27

    Gue inget pas gue bikin di ULP BSD, pas foto gue tanya “Perlu keliatan telinga gak?” soalnya ingetnya dulu kalo pasfoto gitu ada yang wajib keliatan telinga. Dan dijawab petugasnya, “Kalau punya ya tunjukin aja. Kalo punyaa~”
    Hahahaha

    Like

    • Pypy · August 30

      Bisa ngelawakk jugaaa ya Lip petugasnyaa.. Hahahaha.. Makin seru ngurus birokrasi jaman now πŸ˜€

      Like

  7. Melissa Octoviani · August 27

    tinggal nunggu jalan2nya ya py heheheehe…

    Like

  8. fereshia · August 28

    Wah..thank you kak Pypy info2 pembuatannya, bisa berguna banget buat yg baru mau bikin nanti 😊
    Cuzzz berangkat kak Py…..*daku ngekor kak Pypy keluar negeri πŸ˜†

    Like

    • Pypy · August 30

      Iya Fer, harapannya juga begitu πŸ˜€ Yukkk mareee kita berangkattt… *Gandeng Fereshia πŸ˜€

      Like

      • fereshia · August 30

        Gandeng dimasukin kopernya kak Pypy wkwkwk

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s